Kamar Untuk Anak Pilih Cat atau Wallpaper

Mendesain interior kamar anak mungkin terdengar sederhana dan mudah, kenyataannya tak jarang apa yang kita inginkan sebagai orang tua berseberangan dengan keinginan anak dalam mendekorasi kamar tidurnya. Seringkali setelah proses mendekorasi selesai, sang buah hati justru tidak cocok dengan hasilnya. Padahal berbagai upaya tentu akan dilakukan oleh orang tua untuk bisa membuat anak merasa nyaman dan bahagia di kamar mereka.


Untuk menghindari hal tersebut, ada langkah sederhana yang bisa kita lakukan sebelum memulai proses mendekorasi agar anda dan anak benar-benar puas dengan hasil dekorasi untuk kamar mereka. Salah satu caranya adalah libatkan sang buah hati dalam proses perencanaan. Tanyakan padanya warna yang dia sukai, karakter kartun apa yang dia idolakan, hingga barang-barang yang ingin ada di kamarnya. Anda bisa mengajak si kecil menggambar kamar tidur impiannya di atas sebuah kertas hingga mewarnainya.


Setelah memahami keinginan si kecil, kita dapat menentukan konsep kamar anak nantinya. Step dasar dan paling sederhana adalah kita memulai dengan memilih untuk menggunakan wallpaper atau cat pada dinding kamar anak. Berikut beberapa pertimbangan untuk menentukan penutup dinding yang cocok dengan konsep anak.


Memilih Warna Cat

Pemilihan warna cat pada kamar anak perlu dipertimbangkan dengan matang. Warna pada dinding akan menjadi vocal point dan memberikan nuansa tersendiri untuk kamar anak. Selain itu, pemilihan warna yang tepat pada dinding akan menunjukkan keselarasan dengan perabot hingga mempengaruhi luas dan tinggi kamar. Hindarilah warna-warna gelap seperti coklat, abu-abu, dan hitam untuk kamar si kecil. Warna-warna tersebut memang terlihat hangat dan elegan sehingga lebih cocok untuk kita. Jangan pula khawatir apabila warna-warna yang dipilih tidak selaras dengan konsep desain keseluruhan rumah. Ketika beranjak remaja, kita dan si kecil dapat mendekorasi lagi konsep kamar yang lebih cocok dan sesuai untuk mereka. Bebaskanlah anak untuk mendapatkan warna yang cerah dan playful dalam usia bermainnya. Berikut beberapa warna yang kami sarankan.

-Warna Putih.
Memberikan nuansa kamar yang luas dan bersih. Penggunaan warna putih merupakan pilihan paling aman dan netral. Namun agar tidak terkesan membosankan, kamar anak dapat diisi dengan perabot dengan bentuk unik dan warna-warni.

-Warna Merah.
Memberikan nuansa ceria dan semangat, cocok untuk aksen pada kamar anak namun tidak cocok jika digunakan sebagai warna dominan pada kamar.

-Warna Kuning.
Menunjukkan nuansa kamar yang imajinatif, segar, energik, dan kreatif. Warna kuning dapat memberikan nuansa yang menenangkan serta suasana kamar yang cerah.

-Warna Biru.
Memberikan nuansa damai dan tenang. Warna biru merupakan pilihan warna favorit untuk kamar anak laki-laki, meskipun apabila dipadukan dengan warna-warna cerah lainnya, warna biru juga cocok untuk kamar anak perempuan.

-Warna Hijau.
Memberikan nuansa nyaman, teduh dan alami. Warna hijau cocok dengan warna putih, abu-abu, dan warna-warna earthy seperti coklat. Berhati-hatilah memadupadankan warna hijau dengan warna lain jika tidak ingin kamar anda terlihat norak.

Penggunaan Wallpaper

Dengan berbagai macam motif wallpaper yang berada di pasaran, pilihan ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Penggunaan wallpaper dapat memberikan nuansa kamar yang tematik. Dengan banyaknya pilihan, kita bisa memilih menggunakan motif bunga untuk kamar anak perempuan hingga motif Angry Bird. Sesuaikan motif yang anda pilihan dengan kegemaran si kecil. Hasilnya pun lebih baik dan tahan lama daripada mengecat tembok.
Dengan berbagai pilihan yang tersedi, berikut beberapa saran yang dapat kami berikan untuk memilih motif yang tepat.


-Warna dan Motif.
Selain motif, tentukan paduan warna yang sesuai dengan nuansa kamar yang kita inginkan. Untuk petunjuk nuansa warna sama dengan memilih warna cat, hanya saja dengan menggunakan motif pada wallpaper semakin menonjolkan karakter kamar anak.

-Motif Horisontal atau Vertikal.
Motif horisontal akan cocok jika kamar anak tidak terlalu luas namun memiliki langit-langit yang tinggi. Motif horisontal membuat kamar menjadi lebih lebar dan tidak terlalu tinggi. Pilihlah motif vertikal untuk kamar dengan langit-langit yang rendah. Motif vertikal tidak perlu diaplikasikan pada seluruh kamar anak, cukup sebagai aksen. Hindarilah pemilihan motif vertikal yang kaku, jika tidak dapat membuat kesan kamar anak anda seperti penjara.

-Motif Anak Laki-laki dan Perempuan.
Sesuaikan motif wallpaper yang kita pilih dengan jenis kelamin anak. Anak perempuan memiliki kecenderungan memilih motif yang manis dan hangat, motif bunga misalnya. Untuk anak laki-laki, motif-motif yang dinamis menjadi pilihan yang tepat. Jika anak menggemari karakter tertentu, berikanlah pilihan-pilihan khusus yang cocok dengan anak. Berikan si kecil keleluasaan untuk memilih motif wallpaper kamarnya.

Jangan Monoton! Jika anak sudah menentukan motif kesukaannya, kita jangan terpaku untuk memasang wallpaper pada seluruh dinding kamar. Gunakan wallpaper sebagai aksen kamar anak. Selain itu wallpaper dapat kita sandingkan dengan permainan warna cat yang sesuai dengan tema yang kita tentukan.

Jika mengecat kamar dapat kita lakukan sendiri, memasang wallpaper akan sedikit lebih rumit dan membutuhkan kerapian untuk hasil yang maksimal. Kami sangat menyarankan untuk menyewa tenaga profesional dalam pemasangan jika akhirnya Anda menjatuhkan pilihan menggunakan wallpaper. Pemasangannya menggunakan bahan-bahan khusus yang mungkin saja berbahaya untuk si kecil. Menggunakan jasa ahli dapat mengindarkan kasus wallpaper yang terkelupas karena telah dipasang dengan baik.

REKOMENDASI PROYEK YANG KAMI KERJAKAN CHECK DISNI

DAFTAR HARGA PAKET CHECK DISINI DAPATKAN HARGA PENAWARAN TERBAIK DARI KAMI

Jika Anda mencari  jasa desain interior, kami memiliki banyak pengalaman dalam menemukan perusahaan yang menyediakan jasa ini dengan pengalaman sangat baik bagi kebutuhan Anda.

Daftarkan segera atau hubungi kami untuk mendapatkan layanan jasa desain interior yang sesuai dengan kebutuhan Anda. 


0 komentar:

Posting Komentar

 
Desain Interior Furniture Apartemen © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top