Bahan Material Untuk Counter Top Yang Tepat - Sebuah counter top adalah bagian penting di dapur. Permukaan datar seperti meja ini pada dasarnya adalah pusat segala kegiatan dapur. Di sini Anda menyiapkan makanan, memotong-motong bahan makanan, dan lain-lain.
Namun seperti bagian rumah manapun, countertop pun tak boleh luput dari sentuhan estetis. Anda bisa memperindah kitchen set dan countertop dengan memilih material yang digunakan.

Berbagai macam material dapat Anda digunakan sebagai bahan countertop, namun ada pula beberapa bahan material yang menjadi favorit.

Bahan Material Untuk Counter Top Yang Tepat
interior kitchen set


Marmer & Granit

Sifatnya yang alami dan kuat membuat marmer dan granit menjadi bahan yang digemari untuk dijadikan countertop. Bagi Anda yang memiliki dapur dengan unsur alami, bahan ini sangat cocok karena marmer dan granit terbuat dari batu alam dan mendukung konsep dapur Anda.
Beragam motif dan warna alami membuat marmer dan granit lebih menarik dibandingkan dengan bahan sintetis lainnya. Dari segi estetika, pola alami yang dihasilkan marmer dan granit menghadirkan keindahan di dalam dapur Anda. Untuk keseragaman desain, pilihlah warna-warna natural pada dapur.

Bahan Material Untuk Counter Top Yang Tepat
Interior Kitchen Set


Solid Surface

Bagi Anda yang mempunyai gaya hidup ramah lingkungan, solid surface dapat menjadi pilihan material countertop di dapur. Dengan bahan dasar sintetis, solid surface tahan akan goresan dan mudah untuk dibersihkan. Karena terbuat dari material sintetis, bahan didaur ulang.

Salah satu kelemahan solid surface adalah bahannya tidak aman terhadap goresan benda tajam. Namun, apabila goresan tidak terlalu dalam dapat dihilangkan dengan cara memolesnya.

Bahan Material Untuk Counter Top Yang Tepat
Interior kitchen set


Kuarsa (quartz)

Batu kuarsa yang sangat kuat dan tidak berpori sangat mudah untuk dirawat dan tahan gores. Hal ini membuat material kuarsa lebih unggul daripada material lainnya. Yang harus Anda perhatikan sebelum memasangnya adalah harganya yang cukup tinggi dan tenaga ahli yang dibutuhkan untuk pemasangan.
Semua bahan countertop merupakan bahan yang baik, hanya saja Anda perlu lebih bijak dalam memilih bahan yang sesuai dengan kemampuan, daya tahan, dan tidak sulit untuk dibersihkan.


Bahan Material Untuk Counter Top Yang Tepat

Hal-hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih kitchen set

Countertop selain fungsional juga menjadi acuan desain warna dapur karena letaknya yang biasanya di tengah dan ukurannya yang besar.
Bersamaan dengan countertop ada pula lemari kabinet, sink, dan rak yang merupakan bagian dari kitchen set dapur Anda. Ada beberapa elemen kitchen set lainnya yang juga harus Anda pertimbangkan demi kenyamanan dan estetika dapur Anda.

Thomas Ahmann, seorang desainer menegaskan bahwa palet warna dan bahan kabinet lainnya dapat membuat dapur terlihat indah. Menurut Ahmann, kabinet merupakan wajah dapur, terlebih kabinet dinding yang langsung mencuri pandangan orang yang masuk ke dapur Anda.
Jika di dapur terdapat countertop berwarna gelap, Anda dapat mengakalinya dengan memasang backsplash atau menggabungkan dengan warna terang agar terlihat kontras dan cantik. Jika warna counter sudah terang, sebaiknya backsplash diberi warna yang bersifat kalem.

Pastikan pula warna yang Anda pilih tidak bertabrakan. Dalam memilih warna kabinet, ada baiknya fokus kepada warna dan bahan yang natural dan sederhana. Kayu dan batu merupakan bahan favorit dengan warna cerah agar menambah kesan ruangan terbuka dan terang.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Desain Interior Furniture Apartemen © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top